Tuesday, April 17, 2007

Bahan2 dari Internet

Berikut ini list beberapa situs yang berisi materi terkait dengan petroleum economics, oil & mineral taxation, petroleum fiscal system, project economics, etc. Bisa langsung di download, mudah mudahan sich masih bisa alias nggak ada masalah. Seandainya nggak bisa, saya sudah download, jadi gampanglah...
  1. Production Sharing Agreement - an Economic Analysis, by Kirsten Bindemann, Oxford Institute for Energy Studies. Isinya membandingkan keekonomian beberapa model kontrak perminyakan.
  2. Guidelines for the Evaluation of Petroleum Reserves and Resources, by SPE, lumayan tebal tapi langsung loncat aja ke: Chapter 9 - Summary Reserve Recognition Under Production-Sharing and Other Nontraditional Agreements, by Claude L. McMichael & E.D. Young. Chapter ini membahas jenis jenis kontrak dan kaitannya dengan mekanisme untuk booking reserves (reserves entitlements).
  3. PPM (Petroleum & Policy Management) Workshops; Disini banyak bahan menarik mengenai fiscal regimes, project economics, etc. Tinggal pilih workshops yang mana, semua bahan presentasi dapat di download. Disarankan workshop yang di Indonesia (Bandung, Jakarta), walaupun workshop di tempat lain juga banyak berisi materi presentasi fiscal regimes yang menarik..
  4. A Primer on Mineral Taxation, by Thomas Baunsgaard, mengenai perpajakan - nggak melulu untuk sektor migas, tapi lebih luas mencakup semua mineral.
  5. Profit Based Production Tax for Alaska, ini laporan/proposal Dr. Pedro van Meurs sebagai konsultan yang disewa pemerintah. Disini yang penting gimana metodologi dia sampai pada rekomendasinya, penting buat yang mau atau kepingin jadi konsultan.
  6. Taxation and State Participation in Nigeria’s Oil and Gas Sector, by ESMAP (Energy Sector Management Assistance Programme), ini laporan panjang 100 halaman, saya sarankan baca langsung: Annex 6, halaman 83-98, "new approach to profit sharing in developing countries".
  7. Petroleum Tax Design, by Daniel Johnston, komentarnya singkat aja: Very Good

Sebenarnya banyak lagi yang bagus dan komplit, sayang nggak gratis, Seperti: OGEL (Oil, Gas Energy Law), CERA (Cambridge Energy Research Associates - punyanya si-Daniel Yergin), CGES (Centre for Global Energy Studies), SPE paper online (kalau SPE paper, kebetulan sebelumnya saya sudah mengumpulkan 400-an e-paper SPE yang berhubungan dengan petroleum economics, mulai edisi tahun 1975 sampai awal 2005, semuanya dalam bentuk e-papers). Saya bersyukur karena disini kita dapat akses ke situs2 premium tersebut, ya lumayan buat ngumpulin papers, menambah wacana he he....

3 comments:

Anonymous said...

Wah terima kasih banget Pak Benny. Yang Kirsten Bindenmann pernah saya pakai untuk bahan tulisan saya. Yang lainnya, masih akan saya lihat.

Tapi, Pak Benny punya info website/paper online yang lebih berbicara masalah kebijakan/hukum energi gak? Maklum latar belakang saya hukum.

Mumu

m_muhajir@ihsa.or.id
mumu.muhajir@yahoo.co.id

Anonymous said...

Pak Mumu,
OGEL- http://www.gasandoil.com/ogel/authors/welcome.html - banyak membahas dari aspek hukum. Dari daftar author, Anda bisa lihat paper-paper mereka di bawahnya, kalau ada yang tertarik, let me know judulnya apa, tahun berapa, Insya Allah saya bisa bantu - kontak jalur pribadi aja di: benny.lubiantara@chello.at atau aratnaibul @yahoo.com.

nila said...

Dear Pak Benny,

Pak, saya sedang menyelesaikan study S2 saya dan sangat butuh bahan bacaan dari Kirsten Bindemann dan Daniel Johnston. Saya coba download tapi 'not found' katanya :(.
Kalau boleh dan berkenan, mau dong dikirim ke email saya: nfeb@statoil.com
Thanks banget Pak sebelumnya.
nila