Thursday, July 19, 2007

Harga BBM di Negara Maju

Iseng iseng bandingin harga BBM di negara OECD. Datanya dari buku IEA yang terbit tiap kuartal: IEA Statistics, Energy Prices & Taxes, Q1, 2007. Supaya gampang dibaca satuannya saya ubah jadi Rupiah per liter (asumsi kurs: 1 USD = Rp 9,000). Ini dia harga BBM di negara negara tersebut


Ternyata mahal ya BBM disana, khususnya di negara Eropa Barat, di Turki malah termasuk yang termahal. Sementara di USA dan Meksiko relatif murah. Saya kira kita sudah tahu bahwa penyebab tingginya harga BBM tersebut apalagi kalau bukan pajak atawa tax. Tax ini bentuknya bisa macem macem, mulai dari: VAT, excise tax sampai special tax seperti environmental tax, etc.

Sekarang kita breakdown komponen tax dari total harga diatas, hasilnya dibawah ini:


Dapat kita lihat bahwa pajaknya bervariasi: USA, Meksiko, Canada dan New Zealand (untuk Diesel), komponen Tax nya relatif kecil, sementara untuk negara Eropa, Komponen tax nya rata rata 60% dari harga yang harus dibayar konsumen.

Kalau kita rata rata, untuk harga diluar komponen tax, jatuhnya sekitar Rp. 5,000 - Rp. 5,500 per liter (ini data untuk Q1, 2007).

1 comment:

kerim said...

He..he..he... ternyata gue beli bensin lebih mahal dari orang Amrik ya (6300 - 6500 rp/ltr)