Saturday, August 28, 2010

Update blog

Dear All,

Lama sekali blog ini nggak saya update, ada beberapa alasan, pertama, ini alasan klasik, sibuk kerjaan rutin kantor. Kedua, ini alasan semi klasik, dikejar deadline studi. Ketiga, ada beberapa bahan tulisan yang menarik tapi saat ini sifatnya confidential, jadi saya postpone dulu untuk di upload di blog. Keempat, saya juga masih sibuk mengumpulkan bahan bahan untuk dijadikan buku (ini cita cita lama, Insya Allah nanti bisa direalisasi). Kelima, karena saya tinggal beberapa tahun lagi di sini (Insya Allah), maka diusahakan saat weekend atau libur, keliling menikmati Austria dan sekitarnya  serta beberapa negara Eropa lainnya. Terakhir, bulan lalu (Juli 2010), saya terkapar hampir satu bulan, gara gara sakit cacar air (Chicken pox), ketularan anak perempuan saya. Waduh penyakit ini kalau kena pada orang dewasa ternyata cukup menyiksa. Alhamdulillah sekarang telah kembali normal.

Btw, karena sekarang sudah ada website scribd untuk upload dokumen, beberapa dokumen disini saya upload kesana (tentu bahasanya saya edit sedikit supaya lebih formal, kalau di blog, bahasanya sengaja bahasa gaul), ditambah beberapa bahan presentasi dalam bentuk power point. Bisa diakses disini: 

Walaupun sementara ini blog lagi "pause", beberapa pertanyaan atau request di blog, tetap direspon dengan cepat. Kalau ada yang tertinggal mohon maaf, mungkin pas request/email masuk saya lagi sakit, keluar kota, etc, jadi terlewatkan. Pada dasarnya, begitu ada yang comment/requst something/email, kalau nggak ada hal yang luar biasa, pasti saya prioritaskan untuk direspon.

Keep in touch!

16 comments:

Anonymous said...

Dear Pa Benny

mohon pencerahannya, dalam pelaporan PSC di Indonesia terdapat pelaporan ke BP Migas ada 4 yang salah satunya ada FQR (Financial Quartely Report)
yg saya tanyakan adalah arti, maksud dan tujuan FQR tersebut apa yach bagi Indonesia, jika punya artikel/apa yg mendukung bahan FQR
tersebut email ke rian2804@gmail.com

atas kerjasamanya Saya sampaikan terimakasih

salam
Rian

Benny Lubiantara said...

Dik Rian,

nanti saya coba tanya ke rekan BPMIGAS, maklumlah sudah 5 tahun nggak berhubungan dengan yang detail spt ini.

salam,
Benny

Anonymous said...

Pak Benny,

Mau tanya tentang pelepasan stok minyak agar target lifting minyak APBN bisa tercapai? Bgm perhitungannya?

Terima kasih.

Rudi

Anonymous said...

Pak Benny, sy mau tny nih. mekanisme penggantian biaya pd KKKS melalui cost recovery itu bgmn sih? apa kontraktor migas itu dpt penggantian biaya setahun sekali, atau bgmn? apakah yg dimaksud cost recovery itu spt penggantian petty cash/kas kecil spt yg ada di perusahaan2 itu?
ats jwbn Bpk sy ucapkan terima kasih.

Zairul said...

Dear Pak Benny,

Saya pelajar tahun akhir Kejuruteraan Petroleum di Univerisiti Teknologi PETRONAS. Boleh Pak Benny recommend buku mana yang sesuai utk dijadikan reference untuk membuat Economic Modeling menggunakan Excel? Jika ada soft copynya lagi bagus ..

Aryoko said...

Pak Benny,

Saya jg tertarik dengan masalah cost recovery yang sering disebut2. Itu mekanisme penggantiannya gimana seh?
Saya baru 4 th berkecimpung dengan dunia Oil and Gas, tp saya terlalu focus dengan masalah technical dan operation, saya jg ingin mengerti masalah petroleum economic. Satu lagi pertanyaan saya, tentang Blok Cepu menurut pak Benny seperti apa kedepannya? Trims.
Buat teman2 untuk sharing silahkan kunjungi blog saya http://www.aryokosuggestion.co.cc/

salam
Ary

hari said...

salam kenal mas beni,,
saya mahasiswa uii,,saya akan menyusun skripsi dan tertarik akan akuntansi perminyakan,,judul apa yang bisa saya jadikan skripsi,,dan mohon kirimkan file2nya,,trimakasih

hari said...

blog mas beni sangat membantu,,tolong dikirim ke hmurtii@gmail.com
slalu sukses bwt mas beni

iif_yusuf said...

Salam kenal pak benny

perkenalkan saya iif, berdasarkan info atasan saya mengenai blog ini sudah sejak tahun lalu saya sering mengikuti artikel2 bapak blog ini maupun di srcibd.com.
terus terang saya tertarik dalam hal investment & risk analysis (keberulan 3 tahun ini bekerja seputar investment&risk analysis di oil company maupun services company).

membaca artikel bapak, dapatkah bapak memberikan info/artikel/acuan mengenai bagaimana mengukur risiko secara rupiah dalam keg investasi di dunia migas...
trimakasih sblmnya

iif
iifyusuf@gmail.com

sekar said...

Salam pak Benny,

Perkenalkan saya Sekar mahasiswi akuntansi dari FEUI. Daridulu Saya sangat tertarik pada industri migas dan saat ini saya sedang menulis karya akhir mengenai akuntansi dan perpajakan. Saya mengambil suatu permasalahan mengenai kontrak KSO secara BOT. Saya menyoroti kasus dalam segi pelaporan akuntansi atas adanya kontrak KSO tersebut serta analisis dalam segi perpajakan-nya karena baru-baru ini terdapat isu mengenai perubahan peraturan pelaporan akuntansi terkait KSO.

Saya ingin melakukan studi kasus di suatu perusahaan industri tertentu, untuk itu Saya meminta pendapat Pak Beni, apakah hal tersebut cukup menarik untuk ditinjau pada industri migas yang melakukan KSO BOT? dan berikan alasannya Pak untuik memantapkan saya melakukan penelitian yang dapat memberikan manfaat nantinya.

Mohon bantuannya. Terimakasih Pak,
sekar.rofa@gmail.com

edo said...

Selamat Pagi Pak Benny,
Pak, mohon petunjuk dan sarannya mengenai metoda penentuan harga gas jika di alokasikan untuk PLN, LNG dan Pupuk karena saya sedang melakukan penelitian mengenai hal tersebut.

Salam,
Edo Richardo Daniel
edo.richardo@gmail.com

Dini said...

Pak Benny,

Untuk materi2 presentasi yang telah diupload di srcibd.com apakah bisa didownload? karena tadi saya coba kok gak bisa ya? saya butuh materi2 tersebut yang akan memperkaya wawasan saya soal petroleum economics

Terimakasih Pak

salam,
Dini Nurhayati
dinins@yahoo.com

Anonymous said...

Mas Benny,
Salam kenal, semoga Mas Benny senantiasa sehat2 dan dibawah lindungan NYA. Saya tertarik dengan tulisannya perihal PSC dan dunia perminyakan umumnya. Saya bekerja disalah satu PSC di tanah air. Mau minta tolong, dimana kita bisa dapat referensi Peraturan Pemerintah, Kep Menkeu atau Kep DirJen Pajak atau BPMIGAS yang menetapkan Corp Tax = 30% dan Dividend Tax = 20% after Corp Tax, mulai tahun 1995 sampai sekarang. Saya agak kesulitan mencari peraturan2 tsb. Mohon info dari Mas Benny. Terima kasih atas bantuannya.

Renny said...

Mas Benny,
Mohon bantuannya, mengenai penentuan rentang harga gas dalam GSA. Harga apa yang digunakan sebagai harga maksimum dan minimum (netback value, finansial, efisien atau breakeven price). Tolong pencerahannya karena saya sedang melakukan penelitian mengenai harga gas dalam GSA antara KPS dan PLN.Terima kasih
Salam,
Mayorini (mayorini_awang@yahoo.com)

toko jati mebel jepara said...

terima kasih banyak Gan atas informasinya, semoga ini bermanfaat.
mebel jepara berkualitas

pengen punya kerajinan tangan yang unik dan antik dengan harga terjangkau sertadibuat oleh pengrajin kota Jepara Jawa Tengah????? temukan kerajinan-kerajinan tersebut hanya di mebel jepara berkualitas

mebel dan aksesoris jepara berkualitas

PT Dwipa Citraperkasa said...

“A leader in well testing and early production facilities for the oil & gas industry”

As a group company with world-class capabilities in well testing and fluid, our top priority is to offer the best service for business-based energy and resources in Indonesia. Dwipa Group was established as a company providing Non Destructive Testing for the oil and gas industry. We believe that through commitment, determination and passion for growth, opportunities are endless.