Tuesday, February 12, 2008

Buku baru yang gratis

Silvana Tordo (kelihatannya tidak ada hubungan dengan Silvana Herman..), Senior Energy Economist, World Bank, baru ngeluarin buku (2007), judulnya: Fiscal System for Hydrocarbons - Design Issues. Bukunya tipis cuma 72 halaman (sebetulnya ini paper yang dikemas jadi buku). Begitu tahu ada buku ini, saya langsung pesan ke Amazon, relatif nggak mahal karena tipis dan paperback, sama ongkos kirim sekitar 15 Euro.


Belakangan saya baru tahu kalau versi pdf-nya bisa di download gratis disini. Begitu saya mau cancel ke Amazon, ternyata udah dikirim, ya apa boleh buat. Ditengah langkanya publikasi baru mengenai aspek aspek petroleum fiscal, buku mbak Tordo patut disambut hangat, disamping tentu saja (menurut saya) isinya sendiri sangat bagus, pembahasan lengkap dan cukup advanced. Artinya buat yang sudah expert-pun, buku ini sangat bermanfaat, monggo silahkan dibaca. Kalau kesulitan download, nanti saya kirim via email deh.

1 comment:

Anonymous said...

Pak, punya referensi tentang harga-harga produk minyak ga? Misalnya harga bensin, solar, dll di Indonesia. Kalau bisa sih dari sebelum tahun 1984. Sementara ini dari ADB sudah dapat data 1984 sampai 2006.