Friday, December 01, 2006

Harga minyak & futures market

Mulai senin minggu depan (4 -5 Desember) ada workshop menarik di Vienna, judulnya OPEC-EU Workshop on the Impact of Financial Markets on the Price of Oil, workshop akan berlangsung selama 2 hari, ini merupakan kerjasama antara OPEC dengan uni Eropa (EU), sebelumnya sudah sering ngadain kerjasama dalam bentuk workshop, macem macem topiknya, kali ini fokus ke futures market. Kalau lihat agendanya – kelihatannya cukup seru, karena pembicaranya mewakili semua pihak yang terlibat, mulai dari energy producer, consumer, financial institution, trading advisor, etc.

Ini workshop yang saya tunggu juga - pingin tahu lebih banyak mengenai futures market ini, dulu saya tertarik dengan yang kaya kaya gini, sempat banyak baca buku2 mengenai options, futures, financial & capital market, etc. Malah sempat ikut ikutan temen2 ngambil ujian kompetensi untuk dapet sertifikat wakil manajer investasi segala (sekitar tahun 1997) - lulus!, sayang nggak pernah kepake itu sertifikat, abis keburu krismon - dulu pingin ngerasain kerja di sekuritas, rupanya nggak kesampaian. Paling nggak istilah istilah futures market sudah pernah dengerlah - nggak gelap2 amat!.

Salah satu tujuan workshop ini khan supaya lebih familiar mengenai kaitan antara harga minyak dengan kegiatan di “paper market” (pake istilahnya demikian untuk ngebedain dengan “physical trading”). Buat OPEC ini hal yang relatif baru, kayanya nggak banyak yang paham banget di sekretariat sini dengan kaitan tersebut, ada 2 teori sich: ada yang bilang nggak pengaruh - ada yang bilang pengaruh, ya biasalah. Belakangan khan aktivitas ”paper market” ini meningkat tajam, padahal sebagian besar pelakunya ini khan nggak ada urusan dengan physical crude, nah (katanya) ditenggarai paper market ini ikut memainkan harga minyak, khususnya spekulan itu. cuma itu juga dibantah sama pakar yang lain, jadi yah, masih belum ketahuan ujungnya, makanya biar lebih paham perlu workshop2 yang kaya gini. Siapa tahu spekulan bisa dijadikan kambing hitam baru sebagai penyebab harga minyak naik/turun he he.. selama ini yang dijadiin kambing hitam khan opec mulu...

Kalau yang tertarik latar belakang teori lebih detail, monggo mampir ke websitenya nymex dan websitenya commodity futures trading commission. Penting dipahami bawa futures market tujuan utamanya untuk hedging dan risk management dan tentu saja banyak pemain di futures market punya motif lain selain hedging tadi, apalagi kalau bukan spekulasi. Jadi pemain yang beraksi sebagai spekulator ini bukanlah produser ataupun konsumer komoditi tersebut, mereka mengambil resiko melalui trading di futures market dengan harapan memperoleh profit dari perubahan harga komoditi tersebut. Kehadiran spekulator sebenarnya baik juga, karena mereka juga membantu likuiditas pasar.

Ada beberapa istilah yang harus dipahami, pertama istilah long position (beli) dan short position (jual), long position diambil karena adanya ekspektasi komoditas tersebut harganya akan naik, sementara short position diambil kalau ekspektasi harga akan turun pada saat kontrak jatuh tempo. Jadi long position- ambil posisi beli pada harga saat ini, (karena ekspetasi harga akan naik) pas jatuh tempo - ada profit jadinya. Sementara kalau short position, ambil posisi jual dengan harga saat ini, (karena ekspetasi harga turun), akibatnya pas jatuh tempo - ada "profit", kira kira gitulah.

Ada lagi istilah Net Position: selisih antara open long contracts dengan open short contracts yang dimiliki oleh pelaku (trader) dalam satu komoditi tertentu. Istilah yang sangat penting lainnya adalah, Open Interest: total jumlah futures contracts long atau short yang belum di likuidasi oleh offsetting transation atau delivery, gampangnya yang masih outstanding, kadang disebut juga Open Contracts atau Open Commitments. Kemudian ada juga istilah commercial dan non-commercial traders, kalau yang commercial trader mereka menggunakan futures market untuk tujuan hedging, sedangkan non-commercial - ya bukan buat hedging, makanya non-commercial ini jadi proxy untuk memperkirakan spekulator.

Kembali ke kaitan antara aktivitas futures market dengan oil price ini gimana? ya orang nebak nebak nih, apa ada korelasinya, apa ada hubungan sebab akibat, atau sesuatu yang kebetulan. Nah seperti yang saya bilang diawal tadi, pendapatnya masih macem macem, biar ada gambaran saya tampilkan beberapa plot.



Lihat lihat gambar dulu lah, belum (bisa) bikin kesimpulan, siapa tahu dari workshop dapet gambaran yang lebih jelas, atau malah tambah nggak jelas.. we'll see...!

1 comment:

asyifudin said...

gimana mas sdh ada kesimpulan apa dr grafik ini. kmrn br dapat pelajaran ttg future trading ini, tp hanya bengong2 he..heh. Setelah baca artikel ini, jd ngeh dikit.