Wednesday, December 06, 2006

Workshop Financial Market dan Harga Minyak

OPEC-EU Workshop on the Impact of Financial Markets on the Price of Oil di Hofburg (Vienna Imperial palace) tuntas sudah, workshop yang berlangsung 2 hari ini dibagi jadi 7 sesi, dimana tiap sesi ada 4 pembicara, memang dari segi materi yang di cover sangat komprehesif, tapi akhirnya sangat minim waktu diskusi atau tanya jawab. Menurut saya sich pembicaranya kebanyakan. Malah ada satu sesi yang nggak sempat pake tanya jawab, karena waktunya terlalu molor..

Hofburg

Sesi yang dibahas meliputi: oil trading- the interaction between the physical and paper markets, the structure of the future markets, new players in the market (hedge funds and institutional investors), financial markets - identifying & measuring price impact, recent developments in the financial oil market, the multiple role of financial institutions in the oil market.

Yang menarik dari workshop2 opec itu adalah Sekretariat selalu mengundang pembicara dari semua pihak pihak berkepentingan, sehingga kita bisa langsung mendengar pendapat yang bertolak belakang satu sama lain, tentu dengan argumen masing masing. Seperti workshop ini, semua pihak yang terlibat ikut, mulai dari: oil companies, investment banks, stock exchanges, regulators, research institutions, hedge funds, pension funds, producers and inter-governmental agencies. Jadi nggak heran kalau banyak pendapat yang simpang siur, disitulah enaknya, jadi kita bisa “mengadu” pembicara secara langsung.

Pada akhirnya, hal yang paling sulit itu saat menentukan apakah spekulasi itu mempengaruhi kenaikan harga minyak?, Dr. Samiei dari IMF tegas dalam presentasi studinya menyatakan bahwa spekulasi tidak secara sistematik mempengaruhi harga minyak. Pada saat yang sama, Dr. Naini yang juga konsultan opec, meyatakan bahwa ada korelasi antara kenaikan harga minyak dengan aktivitas spekulan khususnya apabila menggunakan data tiga tahun belakangan ini.

Tentu banyak juga hal hal yang disepakati, diantaranya: semua sepakat bahwa financial market memicu oil price volatility, bahwa struktur future market membuat terjadinya mekanisme “price discovery” dan “price transparency”. Workshop juga melihat fenomena meningkatnya interaksi antara paper dan physical market.

Salah satu kesimpulan standard (seperti juga sering kita temui pada saat melakukan workshop atau forum di tanah air) yaitu: perlu ditindaklanjuti dengan workshop berikutnya dengan focus yang lebih spesifik… jadi bakalan ada workshop lagi dong he he..!


Suasana Workshop
(taken from PRID OPEC)

No comments: