Saturday, March 24, 2007

Asian Energy Dialogue

PTT Public Company Limited jadi host acara tersebut diatas yang diselenggarakan di Bangkok, 22 - 23 Maret 2007. Acara ini melibatkan OPEC dan merupakan program dialog OPEC dengan produsen dan konsumen. Sebelumnya sudah ada program dialog OPEC - Russia dan OPEC - China.

Asia dianggap penting karena sebagaimana diketahui laju pertumbuhan permintaan minyaknya paling tinggi dibanding wilayah lain di belahan dunia ini, tentu saja khususnya: China dan India. Dialog ini sebenarnya lebih fokus ke aspek downstream dan tradingnya, sehingga tidak heran sebagian NOC dan private companies yang hadir adalah mereka yang terlibat di downstream dan trading.

Dari dialog ini diharapkan ada peluang yang bisa digarap baik oleh negara produsen dan negara konsumen. Topik yang dibahas tidak jauh dari urusan: security of demand dan security of supply. Diskusi menarik ketika sampai kepada pola kerjasama mana yang paling pas, apakah dengan cara cross invesment, artinya negara konsumen investasi dinegara produsen baik di upstream maupun downstream.

Menarik juga ketika diskusi mengenai “spare capacity” dan “stock” atau Strategic Petroleum Reserves (SPR), karena dua duanya menyangkut cost. “Spare capacity” tentu tidak gratis, ada cost yang harus ditanggung oleh negara produsen, sebaliknya, Stock atau SPR juga memerlukan biaya yang tinggi bagi negara konsumen. Pertanyaan: apa perlu negara negara konsumen menyimpan stock besar besaran?. Seperti biasa banyak usul menarik maupun yang rada aneh aneh disampaikan. Ya, namanya juga dialog, khan nggak harus dicari solusinya hari itu juga, paling nggak sudah membuka opportunity dan networking, tinggal bagaimana kreativitas company untuk menindaklanjuti peluang yang tersedia.

Demikian laporan dari Bangkok, sayang nggak sempat pulang kampung, tapi paling nggak udah merasakan suasana yang mirip mirip Jakarta lah…


No comments: