Friday, March 09, 2007

Sidang ECB

Salah satu kesibukan rutin setiap bulan Maret di Sekretariat ini adalah serangkaian Sidang Sidang. Sebelum dilaksanakan Sidang tingkat Menteri tanggal 15 Maret, terlebih dahulu dilakukan serangkaian rapat teknis yang dikenal dengan Economic Commission Board (ECB) yang mana setiap negara anggota mengirimkan delegasi yang dipimpin oleh National Representative.

Tahun ini Sidang ECB dilaksanakan tanggal 7-9 Maret 2007, adapun materi yang dibahas adalah hasil kajian Sekretariat yang bersifat jangka pendek (short term), yaitu “oil market assessment” dan yang bersifat medium serta long term. Kajian atau studi tesebut tentunya tidak terbatas terhadap minyak tok, tetapi kajian terhadap energi secara umum dan strategi jangka menengah dan jangka panjang OPEC.

Sidang ECB ini bersifat teknis biasanya berlangsung cukup alot, karena hasil pemaparan yang disampaikan analis OPEC tentunya di challenge oleh masing masing delegasi. Sebagaimana diketahui sebagian besar delegasi biasanya sangat menguasai materi yang disampaikan.

Materi presentasi “Oil Market Assessment” meliputi analisa makroekonomi global, analisa pasar minyak, perkiraan penambahan pasokan minyak oleh negara non OPEC sepanjang tahun 2007, perkiraan kenaikan permintaan, analisa stock minyak, transportasi minyak dan lain lain.

Sementara untuk medium dan long term berupa presentasi kajian mengenai modeling supply demand, pengaruh energi alternatif, pengaruh non conventional oil serta beberapa kajian yang hanya disampaikan dalam bentuk laporan karena waktu presentasi tidak memungkinkan mengingat jadwal yang begitu padat.

Hasil Sidang ECB ini akan menjadi masukkan untuk Sidang tingkat Menteri, yang agak beda untuk tahun ini adalah keikutsertaan Angola untuk pertama kalinya dalam Sidang ECB.

No comments: