Wednesday, June 18, 2008

Dari Tag Board

bimo: Pak Benny yth. mohon advicenya pak,begini apakah masih ada model kontrak kerja sama antara KKS dengan Pemerintah selain model kontrak PSC ? kalau KSO mekanismenya bagaimana ya pak ? dan kalau kontrak kerja sama antara Exxon dng pemerintah yang di Blok Cepu saat ini mekanismenya bagaimana..? apakah menganut prinsip kontrak sekarang..atau ada mekanisme lain ? maaf pak banyak nanya. Terima kasih atas pencerahan dari bapak. Jun.13.08 11:36 AM

Setahu saya selain model PSC, saat ini lagi dipikirin sama teman2 di migas sana, model apa yang cocok (maksudnya selain memodifikasi model PSC yang ada), apakah: royalty tax, service contract atau ada lagi yang katanya lagi dikaji (saya juga kurang paham), yaitu: “PSC tanpa cost recovery”.
Kontrak Exxon (joint dengan Pertamina) dengan Pemerintah di Blok Cepu berupa PSC, ada modifikasi dikit karena profit oil splitnya berdasarkan harga minyak..
----------

Nashir: Halo Mas Benny...saya Nashir. Saat ini saya tengah menyelesaikan tugas akhir tentang evaluasi kontrak CBM di Indonesia. Mas Benny punya bahan lengkap tentang model kontrak CBM d Australia dan atau usulan2 utk kontrak CBM d Indonesia agar lebih baik kedepannya, kira2 apa saja yg perlu di perbaiki? sebelumnya sy sampaikan terima kasih.... Jun.12.08 09:02 PM

Saya coba chek mas nashir, nanti kalau ada publikasi tentang itu, kita share lah. Usulan Kontrak CBM?, ya belajar dari pengalaman kontrak PSC (khususnya gas yang lebih mirip). Idealnya parameter dalam kontrak mengakomodasi risk and reward, balance between front- end dan back end loaded paarmeter, etc.
----------

Aul: halo.. mas Benny, salam kenal.. saya junior mas Benny nih di TM, sekarang sedang berjuang menyelesaikan TA tentang PSC non cost recovery.. Mas Benny bisa bantu saya tidak mencari referensi yang lengkap mengenai model kontrak (bagannya) PSC non cost recovery di Libya.. atau model kontrak PSC kalo tanpa cost recovery.. terimakasih ya mas.. Jun.12.08 07:07 PM

Dik Aul, kontak saya japri aja ya di (
aratnaibul@yahoo.com), biar bisa diskusi panjang lebar. PC non cost recovery? apaan tuh he he..
----------

Christofel: Mas Saat ini pemerintah mau mengkaji model naskah kontrak antara PSC dan Servis Contract, ISunya basih sih mas katanya sebagai salah satu upaya buat menggenjot produktifitas MIGAS dalam Negeri Jun.11.08 11:56 AM

Semuanya kalau dihubung-hubungkan, ya ada aja hubungannya he he. Serba susah deh, maunya yang enak enak, kaya cost harus turun tapi produksi naek… gimana caranya tuh?
----------

Panca Wahyudi: Menanyakan Langkah-langkah kebijakan peningkatan peran nasional dalam kegiatan usaha hulu migas Jun.10.08 06:42 AM

Peran nasional dari sektor apa ya? Perusahaaan minyak, jasa pendukung, SDM?. Kayanya sudah ada semua tuh aturannya, bahwa local harus lebih berperan dan di prioritaskan. Tinggal gimana impelementasinya aja, ini yang biasanya nggak jalan..
----------

hello: tolong dond dimuat berita tentang komponen-komponen dalam pembuatan minyak bumi.... bisa,, tidak..??? Jun.09.08 02:11 AM

Tidak paham tuh.. maap.. (maaf).
----------

ajeng: pak benny, sy lg bingung mengenai kedudukan perusahaan minyak di ind, apakah mereka bisa dijerat dengan UU selain yg tertulis di psc??? lalu gimana caranya dapetin bukunya pak madjedi juga?? hehehe..regards. Jun.07.08 11:00 AM

Bisa kali ya.. tanya sama lawyer nih kalau urusan jerat menjerat… Buku Pak Madjedi?, email ke beliau aja, tanya: “pak mau beli buku bapak dimana ya?.”. bagus lho bukunya, apa lagi buat orang hukum.
----------

debby: mas, saya ambil master in petroleum law and policy, abis baca blog ini jadi keinget kuliah2 kemaren, hahaha.. bagus banget blog-nya! Jun.05.08 10:56 AM

wah saya harus belajar banyak sama Debby nih.. kerja dimana sekarang?
----------

tamrin: Mas, udah aq salamin ke farid - tm'06 Jun.04.08 02:04 AM

Tengkiu, bilangin dia rajin belajar ya.. he
---------

Hasbi A Lubis: Pak Benny, blog-nya bagus. Lebih bagus lagi kalau ada fungsi RSS-nya, saya jadi bisa ikuti topik baru dengan lebih mudah. Salam. Jun.03.08 07:38 PM

Mas Hasbi, terus terang saya agak gatek nih, ajarin dong? Bikin2 blog aja diajarin bini..
----------

catur: Pak Benny profesi orang yang berkecimpung di ekonomi migas apa namanya yach..kan ada yng Petroleum Engineer (PE); DE; Reservoir engineer etc. Jun.03.08 05:41 AM

PE (Petroleum Economist), tapi bisa juga disebut PE (Provocation Engineer), ini profesi saya dulu.. he he.
----------

satrio: mas benny, punya literatur ttg generasi psc di indonesia dr 60-an? term apa saya yg berubah? thanks, Jun.03.08 05:04 AM

Punya, kayanya saya pernah posting deh sebelumnya.
----------

Yosef Parlindungan: Salam kenal Mas Benny.. Saya Yosef, Perminyakan Trisakti 04.. Saya sudah sering buka blog ini, saya terkesan sekali sebenarnya dengan tulisan2 mas Benny.. Ko bisa mahir banget dalam bidang ekonomi migas Mas?? Kalo kebetulan di Jakarta, boleh mampir untuk buat seminar di Trisakti ya Mas.. Hehehe.. Jun.02.08 08:40 PM

Boleh deh nanti mampir ke Trisakti, saya kalau kasih seminar buat mahasiswa disamping gratis, biasanya bawa snack dan souvenir gratis juga he he, kalau pesertanya dikit, kita adakan di warteg aja, sambil ngopi, lagi2 gratis..
----------

andrew: hi mas beni..saya andrew sekolah di cepmlp dundee university UK..saya sangat tertarik dengan tulisan mas beni..mudah2an kapan bisa main dan ketemu mas beni..thx May.30.08 03:42 AM

Andrew, kamu buruan maen ke Vienna mumpung saya masih disini, atau nanti saya mampir ke dundee, takutnya pas saya kesana, kamu udah keburu lulus.. sukses ya!
----------

jarot kristiono: halo beni, apa kabar ?aku kenal anda di MMUI AS 95,dengan arda, averus, darnil dll, dapat alamat blog mu dari milist itb 82, bagus bagus tulisannya, selamat nulis. May.28.08 03:43 PM

Halo Boss Jarot, dimana sekarang pak? Saya jadi inget dulu zaman tugas makalah dan presentasi, perasaan group pak jarot yang paling rajin nih. Salam buat teman2..

No comments: