Wednesday, February 11, 2009

Resensi Buku: Fundamental of Upstream Petroleum Agreement (2008)

Buku ini keluaran 2008, kebetulan baru saya terima hari ini, isinya lumayan komplet, kelihatannya ini merupakan bahan kursus-nya Chris (Thorpe) sendiri yang kemudian dikemas dalam format buku. Menurut saya buku ini penting untuk dibaca, tidak saja buat lawyer pemula, tapi juga engineer dan yang lain yang berminat paham lebih jauh aspek hukum dari kontrak perminyakan. Materinya cukup update karena juga membahas topik yang hangat tahun lalu seperti kasus nasionalisasi di Venezuela, Bolivia dan tempat lain. Gimanapun kalau kita mau ngomongin aspek komersial, pasti ada kaitannya juga dengan aspek legal. Makanya harus rajin baca baca buku mengenai "commercial agreement/contract". Bukunya bisa dibeli di Amazon, atau langsung ke website Chris (http://www.cpthorpe.com/).


7 comments:

Anonymous said...

Mas Benny... salut buat blognya. Btw ini mas Benny yang dulu saya ketemu di Aberdeen dengan mas Seno dan Tante Siendy bukan ya? Kalau benar please contact me through email (just to keep the network, karena memang tidak banyak orang2 yang menguasai bidang ini mas), saya waktu itu masih berstatus mahasiswa S2 Oil and Gas Law di Aberdeen University, saat ini bekerja sebagai konsultan hukum di Mochtar Karuwin Komar.
My emails:
ivanfarhan@hotmail.com
mfarhan@mkklaw.net

Keep on sharing knowledge in oil and gas law ya mas!

Benny Lubiantara said...

Mas Ivan,

Bukan Mas, Saya Benny yang lain. Saya pernah mampir ke Aberdeen, (sehabis ikut workshop di Dundee tahun 2006), ke rumah teman kuliah zaman di Bandung dulu (Marolop kenal?), yang sampai sekarang masih bekerja di Talisman, Aberdeen.

Saya juga pingin belajar banyak tentang oil and gas law, kalau ada materi kita bisa saling share.

salam,
Benny

Dini said...

Salut banget buat mas Benny nih yang udah sharing ilmu2 tentang oil and gas...
Oya mas, kalo buku tentang oil and gas tapi tentang keekonomian dan sebagainya menurut mas benny yang paling bagus apa ya? pengen referensinya niih :-)
Makasih ya...
Dini

Benny Lubiantara said...

Hai Dini,

Buku yang di rekomendasi, antara lain:

1. Richard Seba, "Economics of worldwide Petroleum Production", 2006

2. Amir Rezk, " Economic modeling for upstream petroleum project", 2006

3. Daniel Johnston, "International Exploration Economics, Risk and Contract Analysis", 2003

salam,

Anonymous said...

caranya beli recommended buku diatas gimana mas ? coz posisi saya di Kaltim, akses susah.
tolong bantuan dan advise dong .
terima kasih banyak

Benny Lubiantara said...

Mungkin bisa titip dari toko buku besar di kota Anda..

Beberapa toko buku di Jkt kalau nggak salah, bisa pesan buku lewat mereka..

PT Dwipa Citraperkasa said...

“A leader in well testing and early production facilities for the oil & gas industry”

As a group company with world-class capabilities in well testing and fluid, our top priority is to offer the best service for business-based energy and resources in Indonesia. Dwipa Group was established as a company providing Non Destructive Testing for the oil and gas industry. We believe that through commitment, determination and passion for growth, opportunities are endless.