Friday, November 17, 2006

Akuntansi Perminyakan

Sekarang kita singgung dikit mengenai aspek akuntansi perminyakan, perlu buat orang yang non-akuntan kerja di sektor migas atau yang akuntan tapi pingin tahu migas. Paling nggak tahulah kalau denger2 istilah akuntansi tanpa harus menjadi expert.

Karena karakter bisnisnya yang unik, Industri perminyakan mempunyai aturan tersendiri dalam penanganan prosedur akuntansinya. Salah satu karakter industri migas adalah adanya jangka waktu yang lama antara investasi awal yang dikeluarkan dengan manfaat yang akan diperoleh.

Ada dua metoda akuntansi yang dikenal dalam industri migas dan diakui oleh Securities and Exchange Commission (SEC) dan Financial Accounting Standard Board (FASB), yaitu: Full Cost (FC) dan Successful Efforts (SE). Sebelum membahas perbedaan antara kedua metoda tersebut, terlebih dahulu akan dijelaskan komponen komponen biaya utama yang umum terjadi pada perusahaan yang bergerak dalam bidang hulu migas.

Lease Acquisition Costs
Biaya biaya yang berhubungan dengan usaha untuk memperoleh blok, wilayah kerja atau konsesi.

Exploration Cost
Biaya biaya yang berhubungan dengan aktivitas eksplorasi, seperti: seismic, exploration drilling, etc.

Development Cost
Biaya biaya yang berhubungan dengan pengembangan lapangan yang terbukti mengandung cadangan yang komersial, biaya biaya ini termasuk: development wells, wells completion, production facilities, etc.

Operating Cost
Biaya yang berhubungan dengan aktivitas pengangkatan migas mulai dari sumur, sampai ke pemukaan termasuk aktivitas proses pemisahan minyak dan transportasinya, biaya operasi ini akan langsung dibebankan pada tahun berjalan.

Sekarang kita masuk ke metoda akuntansinya, pertama:

Metoda Successful Effort (S.E)

Sebelum tahun 1950 hampir semua perusahaan minyak menggunakan metoda akuntansi Successful Effort (SE), inti dari metoda S.E ini adalah bahwa semua pengeluaran biaya (expenditure) yang tidak memberi manfaat ekonomis dimasa yang akan datang harus dibebankan pada periode terjadinya biaya tersebut, hal ini sesuai dengan teori dasar Akuntansi. Dengan demikian, metoda SE akan membebankan biaya pemboran eksplorasi apabila sumur tersebut (dry hole) pada periode tersebut, namun apabila pemboran tersebut sukses, maka biaya yang telah terjadi dapat dikapitalisasi (dibebankan sejalan dengan waktu manfaat dari aset tersebut). Para pendukung metode ini menganggap bahwa hanya pengeluaran (expenditure) yang berhubungan dengan penemuan prospek migas yang dapat dikapitalisasi.

Metoda Full Costing (F.C)

Metoda FC dikembangkan sekitar tahu 1950-an, inti dari metoda FC adalah bahwa dalam kegiatan migas, kegiatan eksplorasi adalah suatu kegiatan yang sangat vital bagi perusahaan. Tanpa eksplorasi, cadangan minyak tidak akan pernah ditemukan. Mengingat resiko pada tahap eksplorasi ini sangat besar, maka adanya pemboran yang menghasilkan sumur (dry hole) adalah suatu yang tidak terelakan, sehingga metoda ini menganggap bahwa semua biaya eksplorasi baik berhasil maupun dry hole harus dikapitalisasi.



Aspek Akuntansi PSC Indonesia

Metoda akuntansi PSC tidak sama dengan salah satu dari kedua metoda tersebut. Tabel dibawah ini memperlihatkan perbedaan dari metoda akuntansi PSC dengan metoda SE dan FC.


Metoda PSC cenderung mirip dengan metoda SE, perbedaannya adalah: untuk sumur sukses apakah itu sumur eksplorasi atau sumur pengembangan, metoda SE akan menganggap biaya tersebut dikapitalisasi, sedangkan metoda PSC akan membagi dua jenis biaya, yaitu: biaya Tangible dan biaya Intangible, untuk biaya Tangible maka biaya tersebut akan dikapitalisasi sedangkan untuk biaya Intangibe, biaya tersebut langsung akan dibebankan (expensed) pada periode biaya tersebut dikeluarkan.

Dalam sistem PSC, biaya akuisisi tidak dapat di recover (bukan termasuk cost recovery).

Buat yang mau detail, ini referensi yang bagus:

• Johnson, D, Oil Company: Financial Analysis in Non Technical Language, Penwell, 1992
• Gallun, Wright, International Petroleum Accounting, Penwell, 2005
• Haryono, Akuntansi Perminyakan, Penebit Universitas Trisakti, 1998

86 comments:

Unknown said...

<• Haryono, Akuntansi Perminyakan, Penebit Universitas Trisakti, 1998 .... punya bukunya gak? klo ada aku mau donk beli... cari di gramed n Gunung A .. udah gk ada nih ,..>

ahastraps said...

Ada pertanyaan mengenai akuntansi perminyakan :

1. Bagaiman perlakuan alokasi biaya DRY HOLE bila terjadi beda waktu karena lamanya proses F&D, semisal F&D tahun 2007, tau kepastian DRY atau Success di tahun 2009, Apakah bisa biaya dialokasikan tidak sesuai dengan periode biaya tersebut dikeluarkan?

2. Bila drilling operation dilakukan dengan metode IDS, apakah tangible cost juga di kapitalisasi ? karena pembayaran di lakukan dengan borongan sesuai kontrak

thanks in advance
Alex
email:alexciush@yahoo.com

Unknown said...

Wah, bagus sekali blog ini, banyak ilmunya. Pasti banyak memberi pahala! =)
saya mau tau donk mas, kebetulan saya bekerja di salahsatu KKS, dimana saya bisa tau pedoman untuk penyusutan aset mengacu PSC indonesia? yang sedikit membingungkan, apakah kita mengikuti term PSC atau KMK? karena dari keduanya terdapat perbedaan yang mendasar dalam hal perlakuan depresiasi aset. mohon petunjuknya.
regards,
anton

Benny Lubiantara said...

Dik Anton,

Dulu sekali saya pernah ikut kursus, kayanya ada pedoman yang dimaksud (mudah2 an itu yang dimaksud). Nanti saya carikan filenya, saya akan kirim ke email Anda ASAP mohon info email nya).

Anonymous said...

saya tertarik untuk mengangkat akuntansi perminyakan sbg bahan skripsi, mungkin ada info lbh lanjut mengenai apa yg bgs untuk djadikan judul serta referensinya.

email saya ibgchakrasurya@gmail.com
thx

Benny Lubiantara said...

Apa ya?, mungkin di analisa effektivitas insentif di PSC RI, ringfencing dan keekonomian proyek, perbandingan perlakuan akuntansi PSC RI dengan negara lain, aturan depresiasi aset di PSC, mekanisme pencatatan cadangan (entitlement) dan offtake agreement, etc.

Anonymous said...

Ini blog yang saya cari. Kebetulan saya sedang mempelajari tentang akuntansi perminyakan. saya juga ingin mendapatkan pedoman penyusutan aset (saya berterima kasih sekali jika bisa dikirimkan ke e-mail saya) dan buku akuntansi perminyakan yang mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan. Ada info? terima kasih

Benny Lubiantara said...

email nya apa Mbak Kus?, atau kirim email ke saya: blubiantara@yahoo.com, nanti saya kirim beberapa files yang masih tersisa di komputer, yang mungkin cukup relevan.

salam,
Benny

Anonymous said...

Pak Benny, Bapak mempunyai informasi mengenai ahli akuntansi perminyakan di Indonesia? Terimakasih sebelumnya.

Salam,
Kusharyanti

Benny Lubiantara said...

Mbak Kus,

Saya sudah kirim ke email Anda, termasuk beberapa files.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Eka said...

mas,,,

aku boleh minta juga ga files2 yg berkaitan dengan akuntansi minyak??

aku juga lagi mau ngajun proposal skripsi dan rencananya mau ngambil mengenai akuntasi minyakkk...

saya harap dengan bantuan informasi dari mas,saya bisa menyusun proposal dgn baik sehingga proposal skripsi saya langsung di acc...

terimakasih sebelumnya..

eka

akuwanitabiasa@gmail.com

Benny Lubiantara said...

Oke mbak eka,

Sudah saya kirim, Semoga bermanfaat.

Anonymous said...

salam semua,, mau tau tentang akuntansi perminyakan dunk,, yang punya informasi tentang akuntansi perminyakan boleh minta nga??? kirim ke email saya ya
d312y_16@yahoo.com
terima kasih sebelumnya
_SEMANGAT_

Anonymous said...

pak benny,,
kalo boleh,aku juga mau dong files2 tentang akuntansi perminyakan. buat bahan presentasi seminar minggu ini..

tolong yaahh..
trimakasiihhh sbelumnya..

dita

deetha_08@yahoo.com

Benny Lubiantara said...

Ok dita, sudah saya kirim ke email, semoga bermanfaat...

Anonymous said...

Saya sangat tertarik di ilmu ekonomi perminyakan. Terutama mengenai fiscal regime. Mohon dikirimkan beberapa file untuk acuan bahan pembelajaran saya mas. Alamat email saya rafiqimtihan@yahoo.com.

Terima kasih sebelumnya mas.

Benny Lubiantara said...

Bahan terkait fiscal regime pernah saya posting, tinggal di download:
coba lihat lihat posting sebelumnya:
http://ekonomi-migas.blogspot.com/2007/04/bahan2-dari-internet.html

asdojulius said...

Pak Benny,

Saya mahasiswa semester 2 S1 Akuntansi.

Saya berniat untuk membuat seminar tentang petroleum accounting.

Kira2 sejauh mana y petroleum accounting itu cocok untuk dibahas apabila target pesertanya adalah mahasiswa ?

Terima Kasih.

Hirasdo Julius
hirasdo.julius@gmail.com

Benny Lubiantara said...

Coba bahas accounting PSC Indonesia, dikontrak PSC itu ada di Exhibit C; tinggal digali aja itu dalam seminar, apa saja isi Exhibit C, apa perubahannya dan bagaimana implikasinya...

Kumalasari said...

Pak Benny, saya baru saja membuka blog ini ternyata ok banget, karean memberikan informasi seputar akuntansi perminyakan. jika bapak tidak keberatan, saya dapat dikirimkan materi ttg SE dan PSC karena saat ini saya sedang menyusun skripsi.Thanks Pak!

Benny Lubiantara said...

Mbak Kumalasari,

Dikirimnya kemana ya? pak post nanti bingung; kalau kagak ada alamat(email) nya...

Salam

Kumalasari said...

Maaf Pak, saking semangatnya saya lupa mencantumkan alamat emailnya, bisa dikirimkan ke : uteryna_ff@yahoo.com. Terima kasih Pak Benny.

Anonymous said...

pak ,,,,saya mahasiswa akuntansi dan lagi mencari referensi ttg akuntansi perminyakan dan gas.... tln bantuan bapak ,, mungkin bpk punya file ttg itu....
email saya: rasdiana_m@yahoo.com

Benny Lubiantara said...

Mbak kumalasari/mbak rasdiana,

Bahan dimaksud sudah saya kirim semoga bermanfaat.

asdojulius said...

Terima kasih atas sarannya pak.

kalo bapak tidak keberatan,saya dapat dikirimkan materi PSC Indonesia 2008 dan exhibit C agar saya dapat lebih mengerti lagi. Terima kasih banyak Pak.

hirasdo.julius@gmail.com

Benny Lubiantara said...

Asdo,

Untuk PSC Exhibit C 2008(accounting procedure) sudah saya kirim ke email Anda.

Sayang sekali utnuk template model PSC Indonesia 2008 yang versi softfile saya belum punya.

salam,

Unknown said...

Mas Benny, apakah saya juga bisa dikirimkan PSC Indonesia 2008 dan Exhibit C? Thanks. (alvingani@yahoo.com).

Unknown said...

mas benny,boleh saya juga minta dikirmkan PSC Indonesia 2008 dan exhibit C?..terimakasih dan mohon maaf sebelumnya...

orangsakitgemarmenabung@gmail.com

@tox said...

Pak benny,aku minta materi tentang akuntansi perminyakan dan gas-nya juga dong..kebetulan dapet tugas dari dosen teori akuntansi..
imel-ku : nino.del.oro@gmail.com

terima kasih sebelumnya ya..

Benny Lubiantara said...

guys,
done!

Anonymous said...

Mas Benny, boleh ya saya juga minta materi tentang akuntansi perminyakan dan gas, saya butuh untuk presentasi makalah. Email saya : rinaldi_rasidin@yahoo.com

angga said...

salam..
sy skrg sdg masa pendidikan di BUMN oil n gas RI...sy di bagian keuangan.boleh sy mnta bahan2 tentang segala hal yg berhubungan dgn akuntansi perminyakan?krn sy msh sangat dangkal ilmu akunt perminyakan-nya...
sebelumnya saya ucapkan terima kasih..
oia,email sy : angga_alka@yahoo.com...

best regards

Benny Lubiantara said...

Angga, Rinaldi,

Sudah saya kirim ke email Anda ya..
Semoga bermafaat.

Maaf baru respon sekarang, 1.5 bulan nggak aktif, liburan pulang kampung..

herlina said...

pak benny,

kalo boleh, sy juga mau diemail ya...
ini alamatnya:
herlina_eff@yahoo.com.au

pak, mau tanya apakah penggunaan successful effort atau full cost itu tergantung di negara mana kita melakukan eksplorasi? atau itu hanya kebijakan manajemen saja?

thanks before.
-herlina-

Ali said...

pak benny,.,, saya sedang mencari bahan'' ttg akuntansi perminyakan sbg pengajuan proposal skripsi,,
mohon bantuannya untuk mengirimkan referensi'' maupun data'' ke alamat ini :

asap.hitam@gmail.com

saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

Discovery Journey said...

leh minta file ny mas
aangsmile@gmail.com

Anonymous said...

mas benny, mhn maaf sblmnya, sy tunggu emailnya, tks. arief.

Benny Lubiantara said...

Dik Arief,

email address-mu mana?

Anonymous said...

Mas, kami akan membuka program studi Akuntansi Perminyakan beserta lembaga konsultannya di sebuah universitas di yogyakarta, kami membutuhkan partner untuk program tersebut. Apabila diperkenankan kami mohon saran dan masukan Mas Benny, atau mungkin ada rekanan di tanah air yang bisa kami hubungi?
Sekian, atas perhatian dan kebijaksanaan yang Mas Benny berikan, kami ucapkan terima kasih.

Salam,
Arief Budiyanto
E-mail: arief.budiyanto@rocketmail.com

annur2001 said...

Dear pak Benny,

Saya baru mau pindah ke perusahaan minyak dan masih dalam proses interview hanya saja saya tidak begitu tahu ttg perusahaan minyak khususnya PSC. Bisakah minta artikel ttg PSC dan penghitungan cost controller untuk perusahaan minyak tersebut dan mohon dapat dikirim ke email saya di m_annur2001@yahoo.com.

Terima kasih

Annur

Alet Lathifah said...

pak benny,saya mahasiswa S1 akuntansi sedang mengerjakan skripsi mengenai analisa metode akuntansi perminyakan untuk PSC.
mohon jika pak benny mempunyai artikel,jurnal,maupun buku referensi yg dapat mendukung skripsi saya untuk dikirimkan ke email saya di aletlampard@gmail.com
thanks

anisa said...

dear mas,,


saya mhswi S1 Akuntansi mw ngerjain skripsi tentang akuntansi perminyakan di PERTAMINA, kira2 judul yg cocok n bgus ttg ak. perminyakan apa y mas? bs tlg krm referensi yg bs dukung skripsi sy y mas email sy anisa.cakep@yaho.com

thanks

Mutiara said...

Pak Benny, saya baru liat blog ini. Wah bener2 bagus karena saya memang perlu infonya.

Bisa minta data referensi untuk PSC Exhibit C nya pak? Saya taruh emailnya. Trims.

mutiarachman@yahoo.com

Unknown said...

Wah pak Benny blog ini pas betul dengan kebutuhan saya saat ini, terimakasih pak Benny sebelumnya semoga Tuhan membalas semua amal baik pak Benny dengan mau berbagi ilmu...

Saat ini saya baru mau masuk ke industri minyak bisa dibantu info atau data yang harus saya pelajari pak mengenai akutansi untuk perminyakan..

Alamat email saya adnan.abidin@gmail.com

atas bantuannya saya ucapkan terimakasih pak

thanks

salam

asdojulius said...

Pak Benny, terima kasih atas sarannya terdahulu. Saya akhirnya mengadakan seminar untuk membahas akuntansi PSC Indonesia. Saya numpang iklan seminar ya Pak..hhe

"Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada FEB UGM akan mengadakan rangkaian acara Gadjah Mada Accounting Days 2010 yang salah satu rangkaiannya adalah seminar bertajuk "Business & Accounting aspect of Indonesian Upstream Oil & Gas Industry". Pembicara berasal dari BPmigas dan Chevron Pacific Indonesia.

untuk info lanjut silakan kunjungi web kami :

http://gmad2010.wordpress.com/seminar/

Terima Kasih

Benny Lubiantara said...

Semoga seminarnya sukses ya!!

Salam buat pembicaranya (Rinto & Wisnu)

Taufik HK said...

kalo bapak tidak keberatan,mohon agar saya dapat dikirimkan materi PSC Indonesia 2008 dan exhibit C agar saya dapat lebih mengerti lagi. Terima kasih banyak Pak..

taufikhendra@gmail.com

Ditya Anggriawan said...

Wah, blognya bermanfaat banget nh..

Aku sekarang lagi mempelajari akuntansi perminyakan, karena kebetulan aku Mahasiswa Akuntansi.

Pak benny, bisa dibagi nggak file atau data2 tentang akuntansi perminyakan. Kemungkinan saya juga akan mengambil topik ini sebagai Tugas akhir saya.

ini email saya pak,
dityaanggriawan12@gmail.com

Terima kasih atas tanggapannya Pak.

Winda Ayubudi W.K said...

pak benny, blog nya sangat bermanfaat sekali..
kebetulan sekarang saya sedang magang di pertamina bagian akuntansi perminyakan..
sebelumnya saya belum tahu sama sekali dengan akuntansi perminyakan, karena sebelumnya yang saya tahu ya hanya akuntansi umumnya..

setelah membaca blog ini dan melaksanakan magang di pertamina, saya ingin sekali membuat skripsi akuntansi perminyakan..
tetapi sangat sedikit sekali bahan yang bisa saya dapatkan..

mohon pak benny, untuk men share atau mengirimkan bahan mengenai akuntansi perminyakan di email saya

second_winda@yahoo.com

sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih kepada pak benny yang telah membuka wawasan saya..

salam,
winda

Unknown said...

Pak Benny, saya adalah mahasiswa akuntansi yang ingin menulis skripsi ttg akuntansi perminyakan,, bolehkah saya juga dikirimkan email bahan2 ttg akuntansi perminyakan.
email saya : alena.safitry@gmail.com

terimakasih

Didik Wahyu said...

Yth Pak Benny, blog yang bapak bikin sangat bermanfaat bagi saya untuk belajar akuntansi perminyakan. Saat ini saya sedang melamar untuk bagian akuntansi di salah satu perusahaan migas, sedangkan saya belum mempunyai pengalaman menangani akuntansi perminyakan, oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak membagi ilmunya dan mengirimkan bahan-bahan tentang akuntansi perminyakan dan buku-buku yang bisa saya pelajari ke email saya. Alamat email saya: didikwahyuu@yahoo.com

Terima kasih.
Salam,
Didik Wahyu

Anonymous said...

Yth pak Benny, saya mahasiswi akuntansi, ingin menulis skripsi ttg akuntansi perminyakan. tp sepertinya bahan yg diperlukan kurang 'bertebaran' seperti bahan skripsi yg lainnya :). mohon pak benny men-share-kan juga bahan mengenai akuntansi perminyakan yang sekiranya mampu membantu dalam pembuatan skripsi saya.
email saya : kharismadani_ekananda@yahoo.co.id

terimakasih :)

agus forever said...

Yth Pak Benny
Salam kenal pak, saya mahasiswa akuntansi saat ini saya sedang mempelajari tentang akuntansi perminyakan dan gas namun saat ini saya sedang kesulitan untuk mencari bahan tambahan mengenai materi ini....
jika bapak tidak keberatan bolehkah saya meminta data/file mengenai materi ini. Bisa dikirim ke email saya :
aguswandira@ymail.com
saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya.

Anonymous said...

salam kenal Pak Benny,.
saya baru liat blognya pak Benny, & kebetulan saat ini saya sdg melamar di salah 1 persh migas di ind,. tp spt bbrp tmn lain yg comment diatas saya jg blm bgt tau ttg akuntansi perminyakan ... bisa kah saya jg di email bahan2 yg bisa saya pelajari..email saya : nayalinux@yahoo.co.id
Terima kasih sebelumnya ya Pak,.

Zul said...

Salam kenal bpk Benny...
Saya sangat tertarik sekali belajar ttg akuntansi perminyakan. Jika bapak tidak keberatan, bolehkah saya minta data/file mengenai materi akuntansi perminyakan atau hal2 khusus mengenai perminyakan.
Bisa dikirim ke email saya di: izulearning@gmail.com
atau
zulfikar_02@yahoo.com
Saya ucapkan terima kasih atas bantuannya.

Anonymous said...

Pa Benny,,saya br saja diterima d perusahaan baru didirikan yg brgerak dlm bidang minyak dan gas. Kebetulan accounting dlm perusahaan hanya saya, sdangkan sy fresh graduate d bid accounting (apalagi akuntansi perminyakan) mohon bantuan segala data2 dan info2 ttg akuntansi perminyakan utk sy pelajari ya pa,,email saya adistyo@ymail.com terima kasih sebelumnya..

Salam

Adistyo

Unknown said...

salam kenal pa benny
saya mahasiswa akuntansi tertarik untuk mendalami akuntansi perminyakan...
boleh minta wejangan dari pak benny tentang akuntansi perminyakan dan hal2 yg berhubungan dengan akuntansitersebut
email saya... muhammad.danial,aprian@gmail.com
trims ya pak.. mohon bantuannya

Anonymous said...

dear Pa benny ...

salam sehat dan banyak reziki + pahala selalu buat bapak dan keluarga..... mau usul aja nih pa benny
1. Gmn di buat forum di blog bpk ini
2. file2 yg sekiranya bermanfaat di taruh di link tertentu sehingga mempermudah pa benny
3. bagi yang sedang / ingin membuat skripsi migas dapat di share di forum tersebut or ada link tentang skripsi migas tersebut

demikian beberapa usul u/ blog Pa benny yg semakin hari semakin buaaaannnyaaak...

salam

Anonymous said...

pak benny boleh saya minta file2 tntg oil n gas accountingnya?
alamat email saya nanda_aprilianiP@yahoo.com

ow yaa pak kira2 current issue tntg oil n gas accountinng skrg apa yaa??
trmksh

ririkaka said...

pak,saya udah lihat bahwa banyak teman-teman yang lain minta file tentang akuntansi migas??
ow ya pak saya minta juga pak file nya soalnya untuk bahan ajar saya.........ne email saya (rika.maria@rocketmail.com....terima kasih pak sebelumnya...

Juniarto said...

Salam kenal Pak Benny..

Saya sedang menyusun tesis terkait akuntansi periminyakan. Mengingat referensi yang diperlukan masih sangat minim dan sulit ditemukan, apabila Bapak tidak keberatan, mohon bantuan Bapak untuk mengirimkan bahan terkait akuntansi perminyakan ke : juniarto_mp@yahoo.com
Atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hendy said...

Salam kenal pak Benny
saya mahasiswa akuntansi semester akhir yg sedang menyusun skripsi dan kebetulan saya sangat tertarik untuk mengangkat akuntansi minyak dan gas sbg bahan skripsi
bisakah sy memperoleh saran dr pak benny dan bahan materi utk penyusunan skripsi saya mengenai akuntansi minyak dan gas ini secara lebih lengkap pak?
email sy : hendyfrogman@gmail.com
atas kesediaan pak benny sy ucapkan terima kasih

Anonymous said...

maaf pak, saya mau nanya di amerika itu menggunakan metode apa ya? apakah ada kewajiban menggunakan satu metode saja? succesful effort atau full cost? kalo di indonesia kan tidak mewajibkan keduanya ya??? terimakasih....

Anonymous said...

pak ..
saya mahasiswa yang ingin tao ttg akuntansi perminyakan. bisa tolong kirimkan bahan tentang sejarah akuntansi peminyakan dan perkembangan nya di indonesia dan dunia..
email saya : vivii.susantii@yahoo.com
atas bantuan bapak saya ucapkan terimakasih banyak.. :)
mohon info nya seceptnya yaa, pak .

dwi said...

salam kenal pak Benny
pak saya mahasiswa tingkat akhir yg tertarik dan berencana ingin menjadikan akuntansi minyak dan gas sebagai skripsi saya, klo berkenan bisakah bapak memberikan saran dan materi tentang akuntansi minyak dan gas dengan lebih lengkap?
email saya: dwi_winardi@yahoo.com
atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih

Anonymous said...

salam pak benny, maaf pak saya mau tanya informasi akuntansi lingkungan yang diterapkan oleh perusahaan migas. apakah bapak punya rujukan bahannya? terima ksih pak

Anonymous said...

wah pak saya mohon bantuan dari pak beeny tentang ilmu akuntansi perminyakan, referensi atau text book yang bagus untuk akuntansi perminyakan dikilang apa y,, yang mudah di cerna

hadi.journalist.com said...

Salam sukses Pak Beny

Saya Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Andalas Padang Pak mau menulis skripsi ,saya sangat tertarik dengan perusahaan perminyakan dan saya ingin sekali menulis skripsi tentang akuntansi perminyakan tapi sayangnya saya tak memiliki bahan dan referensi yang memadai pak
saya mohon bantuan referensinya pak dalam berbagai format ke email saya pak
hadi.gunawan2007@gmail.com

terimakasih ya pak

paulino said...

salam kenal pak..saya seorang mahasiswa pengen skali mendalami tentang akuntansi perminyakan. bisa gak bapak brikan saya file atau info tntang materi akuntansi perminyakan..saya tunggu yah pak..
ini emailku: onil.castro@gmail.com.

Anonymous said...

salam kenal pak, saya sasty. saya mau bertanya pak kalo diperusahaan minyak itu sebenarnya bisa diterapkan tax planning (perencanaan pajak) tidak pak? kalo bisa tax planningnya seperti apa? dan kalo tidak bisa alasannya kenapa?
terimakasih, jawaban bapak sangat saya harapkan

Mama Audrey said...

Pak Bemny,

Kalo tdk keberatan saya mau minta tlg di kirimkan file yg berhubungan dgn akuntasi PSC, mohon bantuannya ya pak. Email saya lellybs@gmail.com

Unknown said...

pak Benny
saya akbar, mahasiswa Akuntansi yang ingin terjun ke dunia ttg akuntansi perminyakan. saya bercita-cita seperti ayah angkat saya bisa kerja di total E&P ataupun perusahaan migas lainya, mohon materi tentang akuntansi migas.
email saya : akbarizzy.akbar@gmail.com

atas bantuan bapak saya ucapkan terimakasih banyak..
mohon info nya seceptnya yaa, pak .

Vanisme said...

assalamualaikum..
Pak,saya mahasiswa S1 Akuntansi ,saya berencana akan mengajukan proposal mengenai akuntansi perminyakan..
saya mohon bantuan bapak untuk mengirimkan file yang dapat membantu proposal saya..
terimakasih banyak sebelum nya pak..
saya tunggu :D

Diana Ritri said...

Assalamualaikum. Saya sedang mencari judul skrpsi dan saya tertarik dg akuntansi minyak, mohon bantuan jika tdk merepotkan tolong dikirimkan file2 yg dapat menjadi referensi saya.

ritri_diana@yaho.com

Terima kasih sebelumnya
Wassalam

Anonymous said...

Selamat pagi pak Benny. Perkenalkan, saya Sandra mahasiswi unsri. Saya sangat tertarik sekali belajar ttg akuntansi perminyakan. Jika bapak berkenan ��, saya ingin meminta data/file mengenai materi akuntansi perminyakan atau hal2 khusus mengenai perminyakan.
Bisa dikirim ke email saya : sandranj2@gmail.com
Terimakasih banyak pak Benny sukses selalu

Anonymous said...

selamat sore pak. saya mahasiswa S1 akuntansi, kebetulan sedang praktek kerja lapangan dan sangat membutuhkan bahan mengenai akuntansi perminyakan untuk mengerjakan tugas PKL. jika tidak keberatan,bapak bisa kirimkan datanya ke: janet_alfida@yahoo.com

terima kasih
regards,

Janet

Anonymous said...

selamat sore, saya mahasiswi s1 akuntansi, sedang proses penyusunan skripsi. jika bpk tidak keberatan saya ingin meminta file terkait dengan akuntansi migas untuk bahan referensi.
jika berkenan mohon dikirimkan ke email : hanisaatriani@gmail.com
terimakasih sebelumnya pak.

Unknown said...

selamat malam. saya mahasiswi jurusan akuntansi. saya tertarik sekali dengan akuntansi perminyakan dan saya ingin nantinya saat saya menyusun skripsi, tentang akuntansi perminyakan. jika bapak berkenan, saya ingin meminta file terkait dengan akuntansi perminyakan. ini alamat email saya hitara.tualeka54@gmail.com

terimakasih pak benny.

Unknown said...

Selamat siang pak saya tertarik sekali dengan blog ini, bolehkah bapak berkenan memberikan ilmunya tentang akuntansi migas ? Saya mahasiswa akhir ada tugas .. Boleh kirimkan filenya pak ke: nurlailasari.ela@gmail.com sangat ditunggu replaynya pak. Sebelumnya terimakasih banyak :)

Unknown said...

Selamat Malam Pak, saya sangat tertarik dengan akuntansi perminyakan setelah membaca blog bapak saya, saya sudah memiliki banyak gambaran tentang akuntansi perminykan dan saat ini saya sedang membuat skripsi tentang pengakuan pendapatan dan pengakuan beban pokok penjualan yang sesuai dengan standar akuntansi pada perusahaan minyak.
jika bapak berkenan, saya ingin meminta file terkait akuntansi perminyakan untuk menambah referensi skripsi saya. ini alamat email saya sugenghidayat1992@gmail.com. saya ucapakan terima kasih atas bantuan bapak

Unknown said...

selamat pagi pak. saya sedang ada tugas kuliah akuntansi perminyakan penmbahasan tentang Akuntansi Biaya Perolehan (ACQUISITION COST). saya sudah mencari referensi di perpustakaan kampus maupun di perpustakaan umum. tapi tidak bisa juga menemukan bahasan yang mendetail tentang materi dia atas, pembahasannya membuat saya bingung. dimohon paka berikan referensi yang detail dan lebih bisa dimengerti

Unknown said...

Selamat pagi pak, saya pernah kerja di kks tetapi ilmu saya masih dangkal mengenai perminyakan, boleh kah bapak berkenan mengirimkan file yang berhubungan dengan perminyakan ini alamat email saya paulinenaryahani@gmail.com terimakasi saya sebelumnya atas bantuan bapak

Arissa Sun said...

Nice info! thanks for sharing.



Pkr7club
POKERBULLS
Kasir4D
Poker7club
JUMPAPOKER
PeluangPoker
LEXISPOKER
DNDPOKER
DNAPOKER
METEORQQ

Anonymous said...

Selamat siang pak, saya adalah mahasiswa akuntansi dan tertarik untuk medalami tentang akuntansi perminyakan juga berniat membuat skripsi tentang akuntansi perminyakan, bolehkah saya minta dikirimkan file-file yang berhubungan dengan akuntansi perminyakan sebagai bahan referensi saya nanti, ini email saya larasyafitri1@gmail.com

kelly_lee said...

Kak Benny saya boleh minta file juga gak?
Saya berminat untuk mempelajari perminyakan dan gas

Ini email saya :
dianurenaestuvidiant@gmail.com

Terimakasih sebelumnya

Rasymal said...

Pak mohon maaf sebelumnya saya juga mau pak materi tentang akuntansi perminyakan, kalau boleh pak🙏

Terimakasih sebelumnya.