Monday, November 13, 2006

Melihat Isi Kontrak

Pernah baca kontrak PSC sampai detail nggak ? – sebagian pasti belum, boro boro baca kontrak PSC, kontrak rumah (apartemen) aja nggak pernah dibaca! (apalagi di Vienna sini, kontrak apartemen bahasa Jerman semua, nggak ngertilah apa isinya - yo wis - tanda tangan ajalah he he..). Emang males sich baca kontrak tuh, sudah tebel, bahasanya - bahasa para lawyer semua, jadi ada kesan, urusan kontrak serahkan sama orang legal ajalah. Sebenarnya perlu sich baca kontrak, disamping aspek legal, banyak aspek aspek ekonomis dan teknis yang tercantum, tentunya ini porsinya engineer dan economist (yang harusnya lebih paham).

Apa saja sich isi kontrak, coba kita lihat contohnya (model PSC conventional) dibawah ini:


Dari 17 section diatas, walaupun belum baca detail kontraknya, paling nggak kita kebayanglah hal hal apa saja sich yang di cover sama kontrak tersebut. Sebagian malah udah nggak perlu penjelasan lagi (self explanatory), tapi tetap perlu kok untuk dibaca detailnya. Khusus yang bukan background legal, saya kira yang kudu dibaca itu adalah “main elements of the contract“, jadi yang terkait dengan hitungan keekonomian, ini contohnya:


Kalau Anda baca kontrak perminyakan di seluruh dunia ini, isinya hampir mirip mirip aja, dalam hal format kontraknya- ya itu itu aja contain-nya. Paling bedanya di aspek finansial, kaya: bonus, royalty, taxation, depreciation, profit oil split, DMO, government participation, valuation of crude oil.

Kalau mau bandingin kontrak around the world, tentu kita harus lihat model kontrak beberapa negara, sebagian (kecil) bisa dari browsing internet, tentu nggak komplit. Barrows (ini salah satu konsultan), secara rutin menerbitkan “World Petroleum Arrangement“. Isinya seluruh model kontrak di dunia, bisa kebayang kalau bukunya ada beberapa jilid saking banyaknya, tebal tebal lagi (yang versi CD ROM juga ada sich, cuma saya biasanya pinjem Library, yang versi hardcopy), itu pun belum meng-cover semua kontrak dalam satu negara, ya wajarlah. Satu negara bisa punya beberapa model kontrak, satu model kontrak aja tebalnya minta ampun, jadi di Barrows ini pun - biasanya model kontrak yang di cover hanya model yang paling anyar aja, nggak semua.

Tentu kalau kita tertarik untuk membandingkan aspek ekonomis dari beberapa fiscal terms ini, agak pusing kalau kita baca detail kontraknya, biasanya langsung "jump" aja ke "main elements" di gambar diatas. Baru dibuat model economics-nya (excel-nya), nah abis itu, dibanding bandingin - cakepan mana!.

16 comments:

Anonymous said...

Mas Ben,

Dimana saya bisa memperoleh contoh-contoh kontrak perminyakan yang menggunakan sistem Konsesi (R/T), Service Agreement, Buy Back Agreement dsb selain PSC yang sudah saya miliki? Apakah Mas Ben bisa membantu saya untuk memperoleh contoh-contoh kontrak tersebut? Saya tertarik untuk memilikinya sebagai bahan perbandingan.Terima kasih.

Benny Lubiantara said...

Hai Mas Indra,

Saya punya files beberapa model kontrak dari negara negara tertentu yang menngunakan model model tsb. Saya bisa kirim ke email Anda kalau tertarik. Email nya apa?

Salam,
Benny

Anonymous said...

Mas Ben, punya contoh kontrak investasi ? Baik dari investor asing maupun lokal. Saya butuh buat tugas kuliah.
Klo punya, mohon bantuannya.
Email : shambhala666@yahoo.com.

Tks. Drew.

Benny Lubiantara said...

Hi Drew,

Bisa diperjelas dalam hal ini apa yang Anda maksud: "kontrak investasi"?. Kalau contoh kontrak investasi migas, antara: pemerintah dengan kontraktor asing, atau kontrak sesama kontraktor mungkin bisa saya bantu.

salam,
Benny

Uus Taufik F said...

Alo Mas Ben,

Saat ini di tempat kerja Saya sdg ada penyusunan Draft Kontrak Kerja Sama Unitisasi Wilayah Kerja Blok Migas,bisa minta contoh kontrak Unitisasi atau PSC sebagai referensi?

Terimakasih

Benny Lubiantara said...

Email-nya apa Kang Uus?, nanti saya cari dan kirim ke email Anda deh.

Uus Taufik F said...

Alo Mas Benny,

Terima kasih sblmnya, email Sy : uus_taufik@yahoo.com.


Salam

Benny Lubiantara said...

Kang Uus,

sudah saya kirim beberapa files ke email Anda, semoga bermanfaat

salam,

solusi_bisnis said...

Halo Mas Ben,

Boleh kopi contoh kontrak Unitisasi atau PSC contoh-contoh kontrak perminyakan yang menggunakan sistem Konsesi (R/T), Service Agreement, Buy Back Agreement dan Peraturan Cost Recovery dan penjelasannya sebagai referensi? mohon bantuan Sebab untuk saya presentasi sama pimpinan.

email saya solusi_bisnis@ymail.com

Terimakasih
agung bismoko

Unknown said...

MAs Benny, saya saat ini sedang menyusun skripsi tentang hukum perminyakan di Indonesia, tinjauan khusus perjanjian KKS antara kontraktor dan pemerintah...,saya sangat kesulitan mendapatkan contoh kontraknya...boleh saya dapat dari MAs Benny....Terima kasih banyak apabila membantu....

email saya : alex_fhui@yahoo.com

Benny Lubiantara said...

mas Alex,

Saya mengerti kesulitan Anda, karena problemnya kontrak itu sifatnya confidential; kaya kontrak rumah saja isi detailnya hanya yang berkepentingan yang tahu..

kalau nanti (misalkan) punya copy, terus dicantumkan nama company, kelihatannya harus ada izin dari yang berkepentingan..

Terus terang saya juga mengalami kesulitan yang sama, apalagi untuk tujuan publikasi; mau minta izin si-company keberatan, nggak minta izin, melanggar etika/hukum..

Untuk skripsi, seyogyanya pakai jalur resmi saja, karena perlu isi kontrak detail untuk tujuan analisis,(nggak sekedar template kontrak; bisa nggak minta PT Anda membantu urusan izin, toh ini tujuan akademis.

Reyhan said...

Halo Mas Ben,

Boleh minta contoh draf kontrak unitisasi untuk referensi tidak? Kebetulan di tempat kerja saya lagi membahas mengenai unitisasi. e-mail saya : areyhans@gmail.com

Terima Kasih,
Andrew R. Saladin

Anonymous said...

pak ben,
saya tertarik untuk memeplajari kontrak migas. mohon dshare macam-macam kontraknya u saya pelajari klo tidak keberatan
ke email :eviragustina@gmail.com
terima kasih.slm

Anonymous said...

halo mas benny, punya contoh2 penerapan kontrak konsesi gak mas????
saya butuh buat tugas kuliah.....

Tiominar Manurung said...

mas saya bisa minta tolong dikirimin draft kontrak migas?
butuh buat tugas. Makasih mas
minar_manru@yahoo.com

Unknown said...

Pak Ben,
dimana sy bs dapatkan contoh Draft MOU/PKS Blok migas antara dua provinsi yang berbaasan wilayah dan mengadakan kerjasama..
terima kasih