Friday, December 15, 2006

Recommended Book

Hari ini baru terima buku, judulnya: Economic Modeling for Upstream Petroleum Projects - A guide to the strategies and techniques for building project evaluation models. Sebenarnya sudah lama mau pesen buku ini, pertama pesen lewat amazon - gagal alias stok nya habis, entah kapan ada lagi. Belakangan saya browsing di internet, ternyata buku ini bisa dibeli online lewat trafford, enaknya lewat trafford, kalau kita pesen, buku baru dicetak, jadi mereka nggak pakai sistem setok, boleh juga!.


Buku ini bagus, khususnya bagi analis junior atau siapa saja yang tertarik mendalami keekonomian proyek upstream migas. Pembahasan dimulai dengan Bab 1 commercial concepts and petroleum contract, di bab ini diulas: konsep government take, government marginal take, elements of royalty/tax agreement dan juga Production Sharing Contract (PSC). Kemudian dibahas juga mengenai rate of return contract, topics on petroleum taxation, risk and uncertainty dan booking reserves.

Bab 2 membahas petroleum finance and accounting, termasuk capital budgeting, full cylcle and point forward economics, incremental economics, depreciation methods, etc. Bab 3 modeling framework and design, nah yang menariknya di Bab 4 - modeling with microsoft excel, dia kasih contoh gimana nge-run economics pakai excel, sebagian pasti kita (sudah) familiar, cuma banyak juga tips yang dia kasih. Maklum karena biasa nge-run, tentu lama lama (dia) punya trik trik atau teknik teknik yang paling effektif. Di Bab 5, modeling applications, dia kasih contoh aplikasi untuk masing masing model untuk PSC, royalty/tax, service contract, sampai contoh nge-run model PSC yang splitnya pake ROR (atau ROR contract).

Kalau Anda sering nge-run economics oil projects - saya kira ada baiknya beli buku ini (atau suruh kantor yang beli dong), karena soft cover, buku ini relatif nggak mahal, sekitar 28 euro. Kalau pas beli buku gini, biasanya suka kepikiran, kapan bikin buku ya?, beli mulu!. Sebenarnya kepingin juga nulis buat buku, bahan bahan sudah banyak yang dikumpulin, tapi biasalah, penyakit males, kayanya perlu waktu luang yang banyak. Kalau sekarang, waktu luangnya belum banyak he he.

3 comments:

hakim said...

harganya berapa mas?pengiriman sampai Indonesia butuh waktu berapa lama ya?tks

Benny Lubiantara said...

harganya 28 euro, kalau lamanya pengiriman saya kurang tahu. Mungkin bisa minta dipesankan dari toko buku di jakarta.

obat kutil kelamin alami paling ampuh said...

Thanks for the article you launched. very useful for me and certainly useful for many people. continue to share useful information for many people .. and if not busy stop by a moment to my new blog to just correct and advise

obat kutil kelamin di apotik kimia farma
obat kutil kelamin alami
harga obat kutil kelamin di apotik
callusol obat kutil kelamin
obat kutil kelamin alami paling ampuh
obat kutil kelamin di apotik k24
obat kutil kelamin wanita di apotik
apotik obat kutil kelamin di jakarta
apotik obat kutil kelamin di jakarta pusat
apotik obat kutil kelamin daerah khusus ibukota jakarta