Thursday, October 26, 2006

Indonesian Production Sharing Contract

Akhirnya kesampean juga pingin beli bukunya Pak TN Machmud, "Indonesian Production Sharing Contract - An Investor's Perspective". Pesen lewat Amazon yang di UK harganya 59 poundsterling, sama biaya kirim dan VAT jatuhnya 70 pound. Nggak tahu kalau beli di toko buku di Jakarta, berapa harganya ya?, dulu pernah sempat ngecek tapi nggak ketemu.


Buku ini cukup lengkap cerita mengenai PSC di Indonesia, termasuk beberapa analisa mengenai term yang ada dalam PSC. Ternyata walaupun judulnya Indonesian PSC, didalamnya meng-cover juga PSC Malaysia dan PSC China, sebagai bahan perbandingan.

Karena sub-judulnya ada: "an investor's perspective", kemudian dibahas juga masalah masalah dalam implementasinya dari sudut pandang investor. Sebagai bekas boss ARII dulu, beliau tentu banyak makan asam garamnya dalam kaitannya dengan pelaksanaan PSC ini.

Karena buku ini keluaran tahun 2000, jadi belum mengcover era UU migas baru yang dikeluarin tahun 2001. Begitu juga dengan beberapa perkembangan PSC di Malaysia yang lebih baru - belum masuk. Namun demikian sebagai referensi bagi yang berminat mendalami PSC Indonesia, saya kira wajib memiliki buku ini, sayangnya buat ukuran kita, harganya relatif mahal euy...

Ada kabar gembira, rupanya Pak Madjedi Hasan (beliau ini tokoh senior perminyakan, akademisi dan praktisi) telah mengeluarkan buku juga mengenai PSC Indonesia. Kabar gembiranya ternyata beliau mau ngirimin saya buku barunya tersebut, pucuk dicinta ulam tiba.

Ceritanya gini, sekitar awal puasa kemaren ada rekan migas yang berkunjung kekantor sini untuk diskusi mengenai fiscal system, ini ada kaitannya dengan rencana pemerintah untuk mengkaji kontrak selain PSC. Pada kesempatan itu rekan migas menyampaikan kalau mereka minta bantuan Pak Madjedi. Saya langsung ingat beliau, dan berpesan nanti kalau ketemu tolong sampaikan salam dan alamat email saya. Minggu lalu saya terima email dari beliau, senang bisa diskusi lagi dengan tokoh senior.

11 comments:

Anonymous said...

dimanakah saya bisa mendapatkan buku Indonesian production sharing contract..?
Thanks

Anonymous said...

Mas Ben,bukunya Pak Madjedi judulnya apa?

Benny Lubiantara said...

Mas Indra,

Bukunya Pak Madjedi ada dua versi, inggris dan indonesia:

Judul: "Pacta Sunt Servanda": The Principle and its application in PSC, 2005, Penerbit PT fikahati aneska

Unknown said...

mas, saya gorga..saya kerja di Kanwil Pajak Banjarmasin..kyknya buku ini sangatlah bagus u/ jadi referensi saya u/ buat tulisan dlm rangka apply Scholarship S2:
Cost Recovery under PSC System Indonesia and Royalty System In US Government: A Comparative Study

qra2 bgmn mnrt mas?
thanks for the sharing..

Benny Lubiantara said...

Hai Gorga,

Untuk tambahan refensi kamu bisa searching disini makalah atau tulisan tentang PSC.

http://www.ogel.org/journal-categories-articles.asp?cat=42

Bisa kontak saya japri, kalau ada makalah yang diperlukan. (blubiantara@yahoo.com)

Salam,
Benny

Anonymous said...

Pak Benny,

Bisa tolong mention nama2 praktisi Migas Indonesia yang menurut anda cukup handal dan berpengalaman (5 nama lah setidaknya)? Dan buku yang mereka karang tentunya.
Thanks a bunch.

ps: keep educating the motherland ^^

Benny Lubiantara said...

Yang handal banyak, yang handal tapi nulis buku, ini yang nggak banyak.

Setahu saya selain Pak TN Machmud dan Pak Madjedi yang saya sebut di posting diatas, juga Prof. Widjajono Partowidagdo, bukunya tentang "Manajemen & Ekonomi Minyak & Gas Bumi". Saya denger mau terbit lagi edisi berikutnya dengan versi yang lebih tebal.

Kalau nggak salah juga, Pak Dirgo Purbo juga menerbitkan buku tentang : geopolitik perminyakan, lihat comment beliau di posting tentang "Pentingkan menjadi anggota OPEC?" June 2008.

Dulu waktu ikut kursus Pak Sutadi P. Utomo sekitar tahun 2004, beliau pernah berjanji juga untuk menerbitkan buku tentang PSC Indonesia. Beliau ini sangat paham PSC RI karena terlibat langsung. Saya nggak tahu udah terbit belum?

Juga Pak Zuhdi Pane, katanya beliau juga menulis buku rangkuman dari seri tulisannya yang mirip "Catatan Pinggir - Gunawan muhammad" di majalah Petrominer. judulnya "Rentang Peduli"

Pakar lain mungkin terlalu sibuk komentar di mass media sehingga nggak sempat nulis buku he he.

Sheila Yovita said...

Selamat siang.
Saya sedang menyusun tugas. Apakah Bpk memiliki daftar kontrak KKS migas di Indonesia, lengkap bersama nilai kontrak, volume dan jangka waktu. Bila ada, bisa minta tlg dikirimkan Pak ke alamat email saya: syovita@yahoo.com.
Terimakasih.


Sheila

Benny Lubiantara said...

Dik Sheila,

sayang sekali saya tidak punya kontrak yang dimaksud.

biasanya kontrak tsb sifatnya "confidential" ya, mungkin kalau tujuannya studi, bisa minta lewat jalur resmi di BPMigas sana.. (mungkin lho.)

Kumpulan Berita Investasi said...

Thank you utk infonya Pak.
Pak, saya mo ty, utk rule of thumb utk penilaian oil di Indonesia besarnya berapa per barrel dan utk gas juga berapa Pak?
Trims.

Jirry Govanda said...

siang mas benny,

mas, saya mahasiswa s1 akuntansi, dan spertinya saya tertarik untuk membahas aspek pajak migas untuk bhan skripsi sya, rncana mau d fokusin k PSC-nya,
klo bole, sya ingin minta softcopy bhan untuk PSC dri mas , bsa tlong d bantu ?
jirry.govanda@yahoo.com

terima kasih..