Friday, July 14, 2006

Nge-charge batere dulu..


Tanggal 31 April 2006, saya berkesempatan ke Dundee, Scotland, ada seminar 5 hari mengenai Petroleum Fiscal System - Design & Analysis, paling nggak ini start awal untuk networking kerjaan, saat ini saya sedang menyiapkan beberapa studi terkait dengan upstream fiscal policy, ada beberapa points yang saya ingin diskusi langsung dengan workshop leadernya, Daniel Johnston. List pertanyaan dan klarifikasi mengenai beberapa hal sudah disiapkan.

Ternyata hari pertama yang ngisi kembarannya, David Johnston, saya sendiri belum pernah ketemu langsung sama Daniel, baru liat photo nya doang, sempat kecele juga, saya sok akrab aja, pas hari pertama, langsung manggil, "Hi Daniel, how are you?" abis mirip banget sich. Hari kedua Si Daniel baru muncul, rupanya dia baru pulang dari Middle East, ngasih inhouse disana, wah bener bener sibuk nih orang..

Tentunya pertanyaan yang saya sudah siapkan pelan pelan mulai saya tanyakan, berhubung di kelas, background partisipannya beda beda, sebagian besar sudah advance, sebagian ternyata mahasiswa S2 di Universitas Dundee, rupanya seminar ini merupakan kuliah wajib mereka, ya saya mesti pelan pelan (kasian adik adik mahasiswa he he.., karena untuk mereka setelah seminar ada ujiannya segala, jadi ya pada nyatet serius..!!)), justru kesempatan diskusi lebih banyak pas coffee break.

Saya senang karena Daniel banyak mengutip kasus Indonesia ketika dia berbicara masalah PSC, gimanapun kita emang pioneernya sich!, dia dengan rendah hati mengaku banyak belajar dengan para pakar Indonesia, mungkin itu bedanya kali ya, bule gitu, belajar terus dia belajar lagi dari yang laen, terus dia bikin buku, ngajar, jadilah dia salah satu konsultan paling laris saat ini..

Lumayanlah, 5 hari workshop, beberapa hal yang saya perlukan terjawab sudah, mau tahu apa sich list pertanyaan saya, antara lain: perbedaan kontrak khususnya sistem Royalty Tax dengan PSC, yang mana yang lebih stabil, advantage - disadvantage, beberapa hal mengenai perhitungan "profit based split" (ROR, R factor, R/C, etc), khususnya perhitungan di spreadsheet nya after tax dan before tax kadang kadang nggak jelas juga, progressive vs regressive system, effect dari state participation dan goldplating, gold plating didefinisikan sebagai perilaku (behavior) dari international oil companies (IOCs) untuk melakukan investasi yang tidak begitu jelas manfaatnya (unnecessary investment), karena adanya mekanisme cost recovery, gold plating ini menjadi masalah besar. Oleh karena itu, tentunya disain suatu kontrak migas harus sedemikian rupa sehingga tendency untuk melakukan goldplating ini menjadi minimal.

No comments: