Thursday, August 10, 2006

Pertanyaan dari Oxford

Hari ini saya terima email dari Oxford, konfirmasi keikutsertaan saya pada Oxford Energy Seminar ke 28, awal September di St Catherine's College, Oxford. Ini salah satu seminar yang paling “prestigious” karena selama 2 minggu mondok disana, diskusi mengenai energy policy, seminar ini dilaksanakan setiap tahun (lamanya 2 minggu), tahun ini yang ke-28, kalau saya lihat dari daftar pembicara, semua kelas kakap, mulai dari menteri, mantan menteri, CEO perusahaan minyak, professor, sampai ke direktur riset dari berbagai penelitian yang terkait dengan kebijakan energi.

Di email tersebut juga ada list peserta yang akan hadir dari mancanegara, ada sekitar 70 orang yang akan ikut, beda dengan konferensi atau simposium umumnya, pendaftaran seminar ini tidak dibuka untuk umum, jadi modelnya undangan lah gitu, makanya nggak ada info apa apa di internet kalau kita searching. Peserta semuanya pejabat yang mengurusi masalah kebijakan energi di negaranya masing masing dan senior manajeman dari beberapa perusahaan minyak (kalau saya liat, yang title-nya analyst cuma 2 orang he he.., saya sama satu lagi kolega sekantor/orang algeria, yang lainnya boss semua!), saya sebenarnya berharap ada yang dari Indonesia biar ada temen gosip disana, ya ternyata kali ini nggak ada! ya udah deh bakalan belajar serius kalo gitu he he.

Ada satu pertanyaan yang jawabannya harus disiapkan dan nanti dijelaskan pada hari pertama seminar, pertanyaannya sederhana: Apa tantangan tantangan utama yang dihadapi oleh; pertama, company Anda?, kedua industri?... saya lagi cari jawabnya, ada yang bisa bantu? he he ! Oke deh, nanti kita share apa aja yang dibahas selama 2 minggu disana.

No comments: